Trend Omset Penjualan

Sepuluh Dua Belas


Orasional perusahaan rata-rata dalam satu tahun adalah 12 bulan. Dalam setiap bulannya ada yang 30 hari, tetapi ada juga yang hanya 25-27 hari saja. Bahkan dalam satu hari ada yang hanya 8 jam , tetapi ada juga yang 24jam

Maka dalam merumuskan obyek usaha seorang pengusaha haruslah mempnyai :
  1. Tujuan, gol
  2. Analisa Efectivitas kerja
  3. Analisa Efisinsi kerja
Kalau golnya tidak ada, maka tidak bisa menilai efectif dan efisiensi. Untuk itu dalam usaha haruslah di tentaukan tujuan usaha dana siapa yang memimpinnya. Dalam industri skala rumah tangga,seperti warung dan toko klontong. Sering saya temui pemimpin dalam usaha tersebut tidak ada. Kalauh toh pun ada tetapi kenyataannya tidak ada. Sehingga startegi usahanya tidak ada, alias seperti air ngalirkatanya.

Omset penjualan dalam satu tahun dibagi 12 bulan, Dalam 12 bulan dibagi dalam 4 kwartal. Dan dalam 4 kawartal di bagi dalam 2 semseter.
Pembagian ini sebagiknya dipergunakan perusahaan untuk menentukan stategi dan langkah. Sebab dalam setiap semester mempengaruhi uang beredar. Otomatis mempengaruhi omset penjualan dan pengadaan barang
Semester 1 dan dua harus kita analisa lebih banyak mana di bisnis kita uang beredar. Pasti ada salah satu yang lebih besar.
Demikian juga dalam 4 kwartal, haruslah di analisa per kwartal. kwartal ke berapa uang beredar paling banyak. Seberapa besar kemampuan kita mengambil uang beredar di pasar

Dalam 1 tahun kerja, di banyak bisnis termasuk di retail kita hanya bisa target penjualan dalam 10 bulan maximal.Sedangkan pengeluaran kita ada dalam 12 bulan.
Artinya profit perusahaan hanya bisa 10 bulan,tetapi operasioanal tetap dalam 12 bulan. Untuk itu perlu di buat startegi yang efectif dan eficien. Agar pada saat perusahaan tidak tercapai target penjualannya operaional tetap jalan. Dalam bulan tertentu perusahaan hanrus mengeluarkan biaya paling banyak, yaitu saat bulan ramadhan. Dimana ada biaya tambahan yaitu THR. Maka beberapa perusahaan menetapkan target panjualannya dengan angka 10 - 13, yaitu omset sepuluh bulan untuk pengeluaran 13 bulan.

Target penjualan,
Maka target penjualan sebuah perusahaan yang ideal bisa di rumuskan sbb:
Total Biaya dalam 12 bulan ( termasuk THR) dibagi dengan target margin bruto dibagi 10

Omset tahunan = Total biaya selama 12 bulan/Margin %

Target omset bulanan = Omset tahunan/10 bulan operasional

Demikian target omset penjualan perusahaan. Jika tercapai maka perusahaan akan terantisipasi dari masalah cash flow.

Semoga bermanfaat

Salam

Noor Rakhman Erwiyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Pendirian Mini Market

Business Intelligence Analysis

Konsultan bisnis mini market