Proposal Pendirian Mini Market
Proposal
Pendirian Mini Market
I.
Keuntungan dan Keunggulan Bisnis Retail
Bisnis retail merupakan perdagangan yang paling
lama ada. Bahkan sejak jaman pra sejarahpun perdagangan retail sudah ada. Hanya
masyarakat kurang memahami dan kurang bisa mengembangkan. Di Indonesia usia
para peritail kita tergolong masih muda. Paling lama dilakukan oleh PT Hero
supermarket. Hero dan Gelael
adalah retail modern yang paling tua di Indonesia. Dan saat inipun PT Hero
sudah dimiliki sahamnya oleh pemian asing yaitu Dairy farm.
Kenapa masyarakat suka dengan bisnis retail, sebab
di bisnis ini memiliki keunggulan cashflownya positif. Dimana barang disupport
oleh pemasok dan membayar dalam tempo kemudian. Sehingga pemain retail tidak
perlu report menyediakan cashflow yang cukup banyak. Selain itu bisnis ini bisa dilakukan dengan modal
yang sedikit seperti toko klontong di kampung
Namun jika di geluti dan di kembangkan akan
menjadi bisnis raksasa seperti Carefour, Wal Mart, Aldi, Tesco, dan Matahari di
Indonesia
II.
Persiapan
Persiapan apa yang dilakukan untuk mendirikan minimarkat antara lain :
a.
Lokasi
b.
Modal
c.
Barang
Dagangan
d.
Peralatan
e.
Karyawan
f.
Software
POS
g.
Pembukaan
h.
Promosi
III. Lokasi
Faktor penting dan menduduki peringkat pertama adalah 3L yaitu :Lokasi,
Lokasi dan Lokasi. Lokasi ini sangat penting sekali karena akan mempengaruhi syarat
selanjutnya. Lokasi retail yang baik harus memenuhi syarat sbb :
·
Di
jalan raya utama
·
Dekat
di perumahan
·
Ada
minimal 140 kk dalam jarak 5 menit dari lokasi
·
Ada
lokasi parkir kendaraan
·
Aman
dari bahaya dan bencana
·
Tidak
melawan arus kendaraan
·
Dekat
dengan pusat perekonomian (pasar, mal, perkantoran, dll)
Lokasi yang kita hindari antara lain :
1. Ada kecenderungan kegiatan bisnis di sekitarnya mulai menurun.
2. Jalan masuk keluarnya sulit, misalnya di tikungan jalan, jalan satu arah,
daerah sumber kemaeetan dsb.
3.
Banyak perusahaan yang
sebelumnya gagal.
4.
Kondisi lalu lintasnya
semrawut dan tidak aman.
5. Kegiatan malam dan akhir minggunya singkat, misalnya daerah perkantoran dipusat
kota.
6. Daerah bisnis yang waktu parkir pengunjungnya lama, misalnya dekat bioskop.
7. Daerah yang disekitarnya tidak seirama dengan bisnis yang akan dilakukan,
misalnya membuka salon di sekitar toko-toko suku cadang kendaraan.
8. Daerah yang sama sekali belum di pelajari dan evaluasi.
IV. Perlengkapan
Perlengkapan yang di perlukan dalam pembukaan mini market antara lain :
·
Gondola
/rak
·
Lemari
·
Etalase
·
Meja
Kasir
·
Meja
Kantor
·
Komputer
·
Printer
·
Timbangan
(manual/digital)
·
Neon
Box/papan nama
Kebutuhan perlengkapan ini bisa diperkiraan kurang lebih per meter persegi
1,5 juta. Jadi jika luas toko kita misalnya 100 m2 maka perlengkapan yg kita
butuhkan bisa mencapai 150 jt
V.
Sofware
& Harware
Bermain retail modern pasti membutuhkan sofware perdagangan. Sofware ini
sering disebut Point Of Sale atau di singkat POS. Ada banyak perusahaan POS di Indonesia maupun di
luar negeri. Bahkan Microsoft perusahan sofware terkemuka dunia juga
memilikinya. Saran kami
belilah software pada perusahaan software engenering dan hindari beli pada
individu. Sebab menurut pengalaman kita sering terhambat jika beli di individu
baik servise after sale atau kemampuan coding programernya. Telitilah
perusahaan tersebut, apakah mereka akan terus mengembangan programnya atau
tidak. Mintalah presentasi dahulu kepada perusahaan tersebut sebelum kita
membelinya
Harga sofware sangat bervariatif
dari 100 ribu sampai puluhan juta. Ada perusahan yang menerapakan
standart 1 komputer 1 lisensi maka kita tinggal menghitung 1 lisensi harga
berapa kali dengan kebutuhan komputer. Tetapi ada juga yang menerapkan sistem
paket. Dengan harga paket tertentu dapat berapa lisensi.
Ada juga yang menerapkan sistem server dan klien, harga lisensi untuk
server berbeda dengan kliennya. Kita tinggal menghitung 1 server harganya
berapa dan kliennya butuh berapa?
Standart umum di indonesia adalah *4 jt per lisensi
VI. Karyawan
Tidak akan berjalan dengan baik bisnis ini jika kita tidak mempunyai SDM
yang handal. Maka buatlah struktur karyawan dahulu sebelum kita recruitmen
Struktur ringkasnya sebagai berikut
·
Kepala
Toko
·
Kasir
·
Pramuniaga
·
Entry
Data Processing
Di Indonesia masih jarang orang yang menguasai management retail modern.
Untuk itu perlu diadakan pelatiahan setiap membuka mini market dan pelatihan
dalam periode tertentu.
Standart Gaji di Indonesia juga belum ada, semua tergangung dari omset
masing-masing toko dan skala bisnisnya. Banyak toko di indoneisa yang menggaji
karyawannya di bawah UMR lantran menganggap bisnis retail ini bisnis ecek-ecek
dan tidak punya prospek. Padahal lihatlah Carefour mereka retailer yang besar
dan punya banyak prospek.
Kebutuhan karyawan kurang lebih 8 orang untuk toko dengan luas 100m2 dan
dengan omset 6 juta per hari. Bisa lebih jika omsetnya lebih besar dan luasnya
lebih besar
Biaya sumber daya manusia adalah 20%-40% dari total biaya operasional
VII. Inventory
Kebutuhan barang dagangan biasanya di supplai oleh para pemasok. Namun pada
awal memulai bisnis ini para pamsok akan menerapkan beli putus/cash sampai
perode 2-6 bulan. Setelah melewati fase tersebut maka akan berubah ke pola
tempo dan konsinyasi. Walau demikian ada beberapa pemasok yang akan tetap
menerapkan pola beli putus.
Kebutuhan barang dagangan dengan harga saat ini bisa kita prediksikan
antara lain dengan rumus 1,5 juta per meter persegi. Tinggal kita hitung berapa
luas toko kita. Atau bisa juga dengan rumus yang lain yaitu 1,5 x omset satu
bulan. Jika kurang biasnya akan mempengaruhi turn over barang kita terlalu
cepat sehingga memungkinkan loss sale (hilang kesempatan menjuual). Jika
terlalu banyak maka menandakan banyak barang dagangan kita yang berhenti tidak
jalan alias salah order
VIII. Gedung
Gedung bisa kita miliki dengan berbagai macam cara, bisa sewa, beli, atau
bangun sendiri di lahan kita. Syarat bangunan yang baik untuk retail moderen
adalah :
·
Ada
lahan parkir
·
Ada
lahan gudang
·
Ada
fasilitas umum jika memungkinkan (mushola, dll)
·
Desain
muka toko bukan rumah
·
Tinggi
atap bangunan
·
Lantai
yang keras
·
Struktur
yang aman
·
Sirkulasi
udara cukup
·
Cahaya
alam yang cukup
Standart bangun gedung ini kurang lebih senilai 1 juta per meter persegi,
untuk bangunan 1 lantai
IX. Lingkungan
Didalam survey kelayakan sebuah bisnis retail maka yang menjadi acuan
antara lain :
·
Jumlah
penduduk/KK dalam radius 5 menit dan 10 menit dari lokasi
·
Jumlah
pejalan kaki di depan toko
·
Jumlah
perbankan/BMT/BPR di seputaran lokasi
·
Jumlah
kompetitor dalam berbagai format retail ( toko klontong, minimarket, grosir,
supermarket, hypermarket)
·
Jumlah
bisnis pendukung ( sekolah, perkantoran, pabrik, dll)
·
Arah
lalu lintas
X.
Perijinan
Saat ini semakin menjamurnya bisnis retail modern mengakibatkan perlunya di
tata dengan berbagai perda dan perpu. Untuk di bebrapa daerah sudah tertutup
ijin untuk pendirian minimarket tetapi di ijinkan pendirian toserba...?
Ijin yang di perlukan adalah HO dan surat keterangan dari lurah dan camat
Di beberapa daerah mensyaratkan lokasi tersebut minimal berjarak 1,5 km
dari pasar tradisional
XI. Penutup
Demikianlah proposal kami buat, maka akan menjadi gambaran
bapak/ibu/saudara dalam pembutan bisnins retail. Kami siap membantu pendirian
dan survey lokasi. Serta kami siap membantu pembuatan SOP Minimarket serta
pelatihan karyawan
Yogyakarta, 11 November 2010
Noor Rakhman Erwiyanto
Komentar
Posting Komentar