Proposal Pendirian Mini Market


Proposal
Pendirian Mini Market

             I.      Keuntungan dan Keunggulan Bisnis Retail
Bisnis retail merupakan perdagangan yang paling lama ada. Bahkan sejak jaman pra sejarahpun perdagangan retail sudah ada. Hanya masyarakat kurang memahami dan kurang bisa mengembangkan. Di Indonesia usia para peritail kita tergolong masih muda. Paling lama dilakukan oleh PT Hero supermarket. Hero dan Gelael adalah retail modern yang paling tua di Indonesia. Dan saat inipun PT Hero sudah dimiliki sahamnya oleh pemian asing yaitu Dairy farm.
Kenapa masyarakat suka dengan bisnis retail, sebab di bisnis ini memiliki keunggulan cashflownya positif. Dimana barang disupport oleh pemasok dan membayar dalam tempo kemudian. Sehingga pemain retail tidak perlu report menyediakan cashflow yang cukup banyak. Selain itu bisnis ini bisa dilakukan dengan modal yang sedikit seperti toko klontong di kampung
Namun jika di geluti dan di kembangkan akan menjadi bisnis raksasa seperti Carefour, Wal Mart, Aldi, Tesco, dan Matahari di Indonesia

          II.      Persiapan
Persiapan apa yang dilakukan untuk mendirikan minimarkat antara lain :
a.       Lokasi
b.      Modal
c.       Barang Dagangan
d.      Peralatan
e.       Karyawan
f.       Software POS
g.      Pembukaan
h.      Promosi

       III.      Lokasi
Faktor penting dan menduduki peringkat pertama adalah 3L yaitu :Lokasi, Lokasi dan Lokasi. Lokasi ini sangat penting sekali karena akan mempengaruhi syarat selanjutnya. Lokasi retail yang baik harus memenuhi syarat sbb :
·         Di jalan raya utama
·         Dekat di perumahan
·         Ada minimal 140 kk dalam jarak 5 menit dari lokasi
·         Ada lokasi parkir kendaraan
·         Aman dari bahaya dan bencana
·         Tidak melawan arus kendaraan
·         Dekat dengan pusat perekonomian (pasar, mal, perkantoran, dll)

Lokasi yang kita hindari antara lain :

1.     Ada kecenderungan kegiatan bisnis di sekitarnya mulai menurun.
2.    Jalan masuk keluarnya sulit, misalnya di tikungan jalan, jalan satu arah, daerah sumber kemaeetan dsb.
3.    Banyak perusahaan yang sebelumnya gagal.
4.    Kondisi lalu lintasnya semrawut dan tidak aman.
5.    Kegiatan malam dan akhir minggunya singkat, misalnya daerah perkantoran dipusat kota.
6.    Daerah bisnis yang waktu parkir pengunjungnya lama, misalnya dekat bioskop.
7.    Daerah yang disekitarnya tidak seirama dengan bisnis yang akan dilakukan, misalnya membuka salon di sekitar toko-toko suku cadang kendaraan.
8.    Daerah yang sama sekali belum di pelajari dan evaluasi.

       IV.      Perlengkapan
Perlengkapan yang di perlukan dalam pembukaan mini market antara lain :
·         Gondola /rak
·         Lemari
·         Etalase
·         Meja Kasir
·         Meja Kantor
·         Komputer
·         Printer
·         Timbangan (manual/digital)
·         Neon Box/papan nama
Kebutuhan perlengkapan ini bisa diperkiraan kurang lebih per meter persegi 1,5 juta. Jadi jika luas toko kita misalnya 100 m2 maka perlengkapan yg kita butuhkan bisa mencapai 150 jt

          V.      Sofware & Harware
Bermain retail modern pasti membutuhkan sofware perdagangan. Sofware ini sering disebut Point Of Sale atau di singkat POS. Ada banyak perusahaan POS di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan Microsoft perusahan sofware terkemuka dunia juga memilikinya. Saran kami belilah software pada perusahaan software engenering dan hindari beli pada individu. Sebab menurut pengalaman kita sering terhambat jika beli di individu baik servise after sale atau kemampuan coding programernya. Telitilah perusahaan tersebut, apakah mereka akan terus mengembangan programnya atau tidak. Mintalah presentasi dahulu kepada perusahaan tersebut sebelum kita membelinya
Harga sofware sangat bervariatif  dari 100 ribu sampai puluhan juta. Ada perusahan yang menerapakan standart 1 komputer 1 lisensi maka kita tinggal menghitung 1 lisensi harga berapa kali dengan kebutuhan komputer. Tetapi ada juga yang menerapkan sistem paket. Dengan harga paket tertentu dapat berapa lisensi.
Ada juga yang menerapkan sistem server dan klien, harga lisensi untuk server berbeda dengan kliennya. Kita tinggal menghitung 1 server harganya berapa dan kliennya butuh berapa?
Standart umum di indonesia adalah *4 jt per lisensi

       VI.      Karyawan
Tidak akan berjalan dengan baik bisnis ini jika kita tidak mempunyai SDM yang handal. Maka buatlah struktur karyawan dahulu sebelum kita recruitmen
Struktur ringkasnya sebagai berikut
·         Kepala Toko
·         Kasir
·         Pramuniaga
·         Entry Data Processing
Di Indonesia masih jarang orang yang menguasai management retail modern. Untuk itu perlu diadakan pelatiahan setiap membuka mini market dan pelatihan dalam periode tertentu.
Standart Gaji di Indonesia juga belum ada, semua tergangung dari omset masing-masing toko dan skala bisnisnya. Banyak toko di indoneisa yang menggaji karyawannya di bawah UMR lantran menganggap bisnis retail ini bisnis ecek-ecek dan tidak punya prospek. Padahal lihatlah Carefour mereka retailer yang besar dan punya banyak prospek.
Kebutuhan karyawan kurang lebih 8 orang untuk toko dengan luas 100m2 dan dengan omset 6 juta per hari. Bisa lebih jika omsetnya lebih besar dan luasnya lebih besar
Biaya sumber daya manusia adalah 20%-40% dari total biaya operasional

    VII.      Inventory
Kebutuhan barang dagangan biasanya di supplai oleh para pemasok. Namun pada awal memulai bisnis ini para pamsok akan menerapkan beli putus/cash sampai perode 2-6 bulan. Setelah melewati fase tersebut maka akan berubah ke pola tempo dan konsinyasi. Walau demikian ada beberapa pemasok yang akan tetap menerapkan pola beli putus.
Kebutuhan barang dagangan dengan harga saat ini bisa kita prediksikan antara lain dengan rumus 1,5 juta per meter persegi. Tinggal kita hitung berapa luas toko kita. Atau bisa juga dengan rumus yang lain yaitu 1,5 x omset satu bulan. Jika kurang biasnya akan mempengaruhi turn over barang kita terlalu cepat sehingga memungkinkan loss sale (hilang kesempatan menjuual). Jika terlalu banyak maka menandakan banyak barang dagangan kita yang berhenti tidak jalan alias salah order

 VIII.      Gedung
Gedung bisa kita miliki dengan berbagai macam cara, bisa sewa, beli, atau bangun sendiri di lahan kita. Syarat bangunan yang baik untuk retail moderen adalah :
·         Ada lahan parkir
·         Ada lahan gudang
·         Ada fasilitas umum jika memungkinkan (mushola, dll)
·         Desain muka toko bukan rumah
·         Tinggi atap bangunan
·         Lantai yang keras
·         Struktur yang aman
·         Sirkulasi udara cukup
·         Cahaya alam yang cukup
Standart bangun gedung ini kurang lebih senilai 1 juta per meter persegi, untuk bangunan 1 lantai

       IX.      Lingkungan
Didalam survey kelayakan sebuah bisnis retail maka yang menjadi acuan antara lain :
·         Jumlah penduduk/KK dalam radius 5 menit dan 10 menit dari lokasi
·         Jumlah pejalan kaki di depan toko
·         Jumlah perbankan/BMT/BPR di seputaran lokasi
·         Jumlah kompetitor dalam berbagai format retail ( toko klontong, minimarket, grosir, supermarket, hypermarket)
·         Jumlah bisnis pendukung ( sekolah, perkantoran, pabrik, dll)
·         Arah lalu lintas

          X.      Perijinan
Saat ini semakin menjamurnya bisnis retail modern mengakibatkan perlunya di tata dengan berbagai perda dan perpu. Untuk di bebrapa daerah sudah tertutup ijin untuk pendirian minimarket tetapi di ijinkan pendirian toserba...?
Ijin yang di perlukan adalah HO dan surat keterangan dari lurah dan camat
Di beberapa daerah mensyaratkan lokasi tersebut minimal berjarak 1,5 km dari pasar tradisional

       XI.      Penutup
Demikianlah proposal kami buat, maka akan menjadi gambaran bapak/ibu/saudara dalam pembutan bisnins retail. Kami siap membantu pendirian dan survey lokasi. Serta kami siap membantu pembuatan SOP Minimarket serta pelatihan karyawan



Yogyakarta, 11 November 2010


Noor Rakhman Erwiyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Business Intelligence Analysis

Konsultan bisnis mini market